Suku Dani, Penghuni Tanah Papua yang Punya Tradisi Potong Jari


Ekstrem dan Penuh Makna, Ini 2 Arti Tradisi Potong Jari di Papua!

Tradisi potong jari di Papua. (Foto: Hari Suroto/Istimewa) "Pemotongan jari tangan sebagai penanda kematian dan penghormatan kepada kerabat yang meninggal," kata Hari. Pemotongan ruas jari ini memang tak sembarangan. Hanya perempuan yang diharuskan untuk memotong ruas jari sebagai tanda duka cita.


Tradisi Potong Jari di Papua Indoking

Tradisi potong jari iki palek Papua.(Instagram @budaya) MEMILIKI luas wilayah sekitar 1,905 juta km², Indonesia terkenal dengan negara yang kaya akan tradisi dan budaya.Salah satu daerah di Indonesia yang kaya akan tradisi dan budaya adalah tanah Papua.Tahukah Anda, bahwa salah satu suku di Papua yaitu Suku Dani memiliki tradisi yang ekstrim?


Suku Dani Dan Tradisi Potong Jari Di Papua Dimensi Indonesia

dari sekian banyak tradisi yang ada di dunia, banyak sekali keunikan dari tradisi tersebut, dan ada satu tradisi yang unik yaitu tradisi potong jari di papua.


Tradisi Potong Jari Suku Dani Papua

Suku Dani, Penghuni Tanah Papua yang Punya Tradisi Potong Jari. Potret Suku Dani di Wamena, Papua DOK. Shutterstock/Ronaldy Irfak (Shutterstock/Ronaldy Irfak) KOMPAS.com - Suku Dani adalah salah satu suku asli yang mendiami tanah Papua. Suku ini diketahui tinggal di pedalaman wilayah pegunungan dan lembah Papua.


Tradisi Potong Jari / iki Palek Suku Dani di PAPUA !! Mengerikan YouTube

Dilansir dari Makna di Balik Tradisi Niki Paleg Suku Dani di Papua karya Putro dan Nadira, suku Dani memiliki cara yang cukup ekstrim dalam menunjukkan duka cita atas kematian orang terdekat. "Suku Dani melambangkan rasa sedihnya bukan hanya dengan menitikkan air mata melainkan juga dengan memotong jari-jari mereka," tulis Putro dan Nadira.


12 Tradisi Unik yang Hanya Bisa Ditemukan di Indonesia Wego Indonesia Travel Blog

Tradisi potong jari dilakukan ketika seseorang kehilangan salah satu anggota keluarga atau sanak saudara seperti suami, istri, anak, adik, dan kakak untuk selama-lamanya.. Namun di Papua, ada tradisi pembuatan Tifa dengan menggunakan darah manusia. Darah tersebut berfungsi sebagai lem. Dengan menggunakan darah, Tifa dipercaya akan menjadi.


Tradisi Potong Jari Suku Dani di Papua Penuh Makna dengan Menahan Kesakitan Demi Orang

Masyarakat Suku Dani di Papua mengenal tradisi potong jari sebagai ungkapan duka cita karena ditinggal oleh kerabat tercinta. Intisari-Online.com -.


Beragam Tradisi Unik di Indonesia Blog Unik

Tradisi yang disebut dengan Iki Palek tersebut dilakukan oleh Suku Dani di Lembah Baliem, Papua. Iki Palek merupakan tradisi memotong jari. Bagi orang-orang awam tentunya tradisi ini terlihat mengerikan, tetapi bagi Suku Dani memiliki makna yang sangat mendalam. Potong jari tersebut dilakukan untuk mengungkapkan kesetiaan dan rasa kehilangan.


Tradisi Potong Jari Di Papua SUPERLIVE

JAYAPURA, iNews.id - Tradisi potong jari dilakukan suku Dani, Papua. Tradisi tersebut dilakukan jika ada salah satu anggota keluarga yang meninggal dunia. Suku Dani merupakan suku tanah Papua yang mendiami pedalaman wilayah Pegunungan Tengah dan Lembah Baliem. Suku ini terdiri dari dua kelompok etnis, yaitu wita dan waya. Mereka bermata.


Tradisi unik Papua yang berbeda dari yang lain Budaya Khas Dunia

Tradisi Potong Jari Ala Suku Dani, Mengerikan Namun Sarat Akan Makna. IA. Iip M. Aditiya. 30 Mei 2021 13.00 WIB • 2 menit. Suasana terasa sangat dingin ketika berada di Lembah Baliem Pegunungan Jayawijaya, Papua. Dinginnya alam sampai-sampai membuat kaki ingin melangkah cepat menuju tempat pemukiman warga.


Tradisi Potong Jari Suku Di Papua LAPAK BARANG ANTIK

Bagi suku yang bermukim di Papua ini, kebersamaan sangatlah penting. Oleh sebab itu, saat kehilangan anggota keluarga, mereka akan segera memotong ruas jarinya. Tradisi ini dikenal sebagai Iki Palek. Jari yang dipotong menunjukan berapa banyak keluarga mereka yang telah meninggal. Meskipun mayoritas wanita yang melakukan tradisi ini, tetapi.


Memotong Jari dengan Kapak Batu sebagai Tanda Cinta di Papua YouTube

Salah satunya adalah dalam tradisi kematian dalam Suku Dani di Lembah Baliem, Papua yang bernama Iki Palek. Bagi orang biasa, potong jari adalah hal yang terdengar mengerikan. Namun, potong jari memiliki arti yang mendalam bagi Suku Dani. Kendita Agustian M.A. dalam goodnewsfromindonesia.id. menyatakan bahwa bagi suku Dani, potong jari.


The Tradition of Cutting the Fingers of the Dani Tribe of Papua, Some Use Axes until Being

Suku Dani di Papua berada di Lembah Baliem. Mereka terkenal dengan kesetiaannya yang sangat tinggi sehingga muncullah tradisi Iki Palek. Suku Dani memiliki tradisi unik yakni tradisi memotong jari atau yang biasa disebut Iki Palek. Tradisi memotong jari merupakan bentuk dari rasa berkabung atas meninggalnya keluarga mereka.


Yuk Kenali Tradisi Potong Jari di Papua Sebagai Simbol kesedihan Purwokerto Insight Halaman 2

Indonesia memiliki beragam suku yang memiliki tradisi menarik. Salah satunya adalah Suku Dani yang hidup di Lembah Baliem, Papua. Suku Dani memiliki tradisi yang cukup menarik sekaligus bisa dikatakan ekstrem, yakni tradisi potong jari atau yang disebut sebagai Iki Palek.. Artikel terkait: 5 Ritual atau Tradisi Kehamilan di Berbagai Daerah Indonesia.


5 Tradisi Horor Dan Menyeramkan Dari Indonesia

Tradisi Potong Jari. Papua -. Suku Dani adalah salah satu suku yang terkenal dan terbesar yang ada di Papua. Suku ini memiliki keunikan budaya dan tradisi yang menarik untuk dipelajari. Sebagai salah satu provinsi terluas di Indonesia, Papua memang menjadi rumah bagi banyak Suku Bangsa. Diperkirakan jumlah suku yang menempati Bumi Cenderawasih.


Suku Dani, Penghuni Tanah Papua yang Punya Tradisi Potong Jari

Makalah Hukum Adat Potong Jari Papua. lena nirbela. 2020. Setiap suku memiliki ritual tersendiri untuk menunjukkan rasa duka akibat kehilangan anggota keluarganya. Mulai dari ritual biasa hingga yang cukup ekstrem seperti yang dilakukan oleh suku Dani. Bagi suku yang bermukim di Papua ini, kebersamaan sangatlah penting.